Tips agar terhindar dari sesat saat di tanah suci

Berangkat haji maupun umroh dengan menggunakan jasa pelayanan haji ONH plus, haji reguler maupun umroh tentu membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Mulai dari persiapan fisik, mental, ilmu haji hingga yang tidak bisa diabaikan begitu saja yaitu informasi seputar kota suci yang ada di Arab Saudi. Hal ini penting adanya agar terhindar dari hilangnya komunikasi sehingga anda pun tersesat di kota tersebut.

Ya, bicara tersesat tentu tidak terlepas dari kurangnya pemahaman tentang seluk beluk kota yang penuh dengan manusia yang berpakaian sama dengan jumlah ribuan. Tentu saja jika ini terjadi pada anda, tidak perlu panik atau pun khawatir karena biasanya pihak pemerintah sudah menerjunkan beberapa personil pengaman di sekitar Masjidil Haram yang dibantu oleh beberapa mahasiswa Timur Tengah dan dilakukan selama 24 jam penuh tanpa henti. Namun, kemudahan yang diberikan ini bukan membuat anda terlena. Ada baiknya, sebagai calon jamaah juga mempersiapkan adanya kemungkinan hal ini bisa terjadi.

Menghapal lokasi pemondokan ketika akan berangkat untuk melakukan ibadah adalah hal utama yang harus dilakukan. Misalnya nama jalan, gedung yang mudah dikenali ataupun lokasi sekitar seperti bentuk atau ciri khas dari daerah tersebut. Jika kurang dalam mengingat, bawalah nomor telepon atau catat alamat dimana lokasi penginapan anda.

Rombongan yang sudah dibagi menurut kriteria hendaknya dapat dijadikan kompas untuk tidak tersesat. Artinya hindari terlepas dari rombongan pada saat berangkat. Jika memerlukan waktu untuk melakukan kewajiban pribadi, hendaknya beritahukan kepada pimpinan rombongan.

Jika beberapa alasan telah menyebabkan anda tersesat, maka carilah atau hubungi pos petugas haji yang biasanya berlokasi di daerah tertentu. Perhatikan lambang kenegaraan berupa bendera merah putih dan segeralah beritahukan kesulitan yang anda hadapi. Dan jangan lupa untuk selalu membawa tanda pengenal agar mudah dikenali sehingga memudahkan petugas menemukan lokasi pemondokan.

Walaupun berbagai tips atau kiat selalu diberikan kepada calon jamaah namun tidak menutup kemungkinan kejadian ini akan terus berlangsung. Namun satu hal yang pasti untuk selalu bersikap tenang sehingga anda dapat berpikir dengan jernih. Kabar baiknya, untuk menanggulangi permasalahan ini pihak biro perjalanan haji ONH plus maupun umroh sudah membekali para calon jamaah dengan bimbingan haji yang intensif.

Related

Tips umroh 7345852100930510826

Hot in week

Recent

Comments

item